Kamis, 08 November 2012

SNACK SINGKONG KEJU GRESS



                  PENGOLAHAN SNACK SINGKONG  KEJU GRESS

1.1.  Pendahuluan
Singkong atau  Ubi Kayu tak  lagi  menjadi makanan kelas bawah bila diolah dengan menggabungkannya dengan keju.  Kreativitas dengan inovasi ini akan memberikan rasa dan kenikmatan baru. Akhirnya kenikmatan Singkong  Keju akan mengangkat nilai ekonomis dan nilai rasa singkong itu sendiri.
Singkong Keju gres adalah kudapan terbuat dari Singkong yang dipotong-potong, lalu  direndam  dengan  bumbu berupa campuran air dan larutan keju, gula halus, bawang putih, dan garam. Kemudian digoreng hingga kuning keemasan. Untuk meningkatkan aroma dan rasa kripik singkong dalam pembuatan keripik ini nantinya akan dikombinasikan dengan food seasoning seperti seasoning powder (bumbu tabur) dan mencoba memberikan alternatif variasi rasa untuk  keripik singkong buatan industri lainnya. Bumbu tabur yang bisa digunakan antara lain: rasa balado, keju, sapi lada hitam, barbeque, ayam lada hitam, dsb

1.2.  Tujuan
Tujuan dari pengolahan singkong keju gres ini adalah untuk memberikan kenikmatan baru dengan perpaduan antara makanan yang amat berbeda kelas sehingga citra makanan desa ini bisa naik, diterima dan banyak digemari orang. Dengan begini nilai jual singkongpun menjadi naik, pendapatanpun meningkat sehingga tercapai kesejahteraan rumah tangga.
1.3.  Output
Snack Singkong keju

1.4.  Outcome
Mendapatkan kualitas pengolahan singkong dengan cita rasa keju yang khas dan bernilai gizi tinggi

1.5.  Proses Pembelajaran
a.       Fasilitator membuka sesi dengan perkenalan dan menjelaskan tujuan dan proses pembuatan snack singkong keju gres
b.      Membentuk kelompok yang terdiri dari 3-5 orang
c.       Tanya Jawab
d.      Proses pembelajaran berjalan seiring dengan demonstrasi yang dilakukan fasilitator

1.6.  Metode
Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pengolahan snack singkong keju adalah ceramah, diskusi dan demonstrasi.  Perpaduan metode ini digunakan agar mempermudah fasilitator dalam menjelaskan pada masyarakat tentang  berbagai hal sehubungan dengan proses pengolahan snack singkong keju. Penjelasan yang diikuti dengan demonstrasi diharapkan dapat mempermudah proses adopsi Ipteks yang dilaksanakan.

1.7.  Alat Pendukung
LCD, Laptop, White board, Spidol, Power Point dan Modul

1.8.  Waktu
2 x 60 menit


1.9.  Prosedur Pengolahan Snack singkong keju
Alat dan Bahan
*Bahan-bahan:
1 kg singkong mentega  (kekuningan)
I liter minyak goreng

*Bumbu  Perendam:
100 gram keju parmesan, panaskan hingga meleleh
Gula putih halus secukupnya
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam
1 liter air
*Pelengkap:K
Untuk snack setengah matang hidangan dapat dilengkapi dengan
  • Keju cheddar parut
  • Susu kental manis
  • Bubuk perasa French fries

Untuk snack dalam bentuk keripik dapat dilengkapi dengan:
  • Keju cheddar parut
  • 2 sendok teh cabai bubuk
  • 1,5 sendok teh garam
*PROSES  CARA  MEMBUAT:
  1. Singkong dikupas, dipotong-potong melingkar ukuran sedang/ sesuai selera. Kemudian cuci hingga bersih dan tiriskan. Rendam singkong dalam air kapur sirih selama kurang lebih 30 - 60 menit,  lalu tiriskan
  2. Singkong digoreng setengah matang, kemudian angkat. Lalu  segera di masukkan ke dalam bumbu perendam. Rendam dalam bumbu selama 5 menit agar bumbu meresap dan singkong merekah , untuk bumbu perendamnya, campurkan bawang putih yang telah dihaluskan, gula putih, garam, keju, dan air. Aduk- aduk  hingga tercampur.
  3. Goreng kembali singkong hingga benar-benar matang.  Penyajian :  singkong yang sudah matang ditaburi, keju yang sudah di parut, susu kental manis dan bubuk cabe.
  4. Keripik singkong yang sudah tiris dan sudah tidak panas kemudian diberikan Bumbu Tabur sesuai dengan selera, bisa rasa balado, keju, barbeque, sapi lada hitam, ayam lada hitam, jagung bakar ataupun pedas manis. Pemberian Bumbu Tabur untuk 1 kg keripik singkong takarannya  antara 50 – 60 gr ataupun sesuai dengan selera Anda.
  5. Kemas singkong yang setengah matang dengan selopan atau kotak dan keripik dengan kemasan plastik yang sudah diberi label yang juga merupakan sumber informasi seperti komposisi, kaadaluarsa izin-izin yang berkompeten.
Singkong keju siap disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar